
PLN Electric Run 2026 Diikuti 8.000 Pelari
14 menit yang lalu
UU Nomor 27 Tahun 2026 menyatakan cuti bersama pemerintah tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja.
Terbit · 1 min read

Menurut laporan CNNIndonesia.com, Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan mengatur bahwa cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pusat tidak mengurangi jatah cuti tahunan pekerja atau buruh.
Ketentuan itu tercantum dalam Pasal 118 ayat (6) dan berlaku sejak 28 Oktober 2026.
Pasal 118 ayat (1) mewajibkan pemberi kerja memberikan waktu istirahat dan cuti kepada pekerja. Pasal 118 ayat (5) menetapkan cuti tahunan paling sedikit 12 hari kerja setelah pekerja bekerja selama 12 bulan berturut-turut.
Pasal 118 ayat (6) menyebut: “Dalam hal perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, pelaksanaannya tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja atau buruh,” bunyi pasal tersebut.
Menurut laporan yang sama, pemerintah menetapkan 18 hari libur nasional dan delapan hari cuti bersama untuk 2027. Jadwal cuti bersama itu mencakup sejumlah hari sepanjang tahun.
Cuti bersama dijadwalkan pada Jumat (5/2/2027) untuk Tahun Baru Imlek 2578 Kongzili. Untuk Idul Fitri 1448 Hijriah, jadwalnya Selasa (9/3/2027), Jumat (12/3/2027), dan Senin (15/3/2027).
Jadwal lainnya adalah Kamis (25/3/2027) untuk Wafat Yesus Kristus, Selasa (18/5/2027) untuk Idul Adha 1448 Hijriah, serta Rabu (19/5/2027) untuk Hari Raya Waisak 2571 BE.
Cuti bersama terakhir dalam daftar tersebut jatuh pada Jumat (24/12/2027) untuk Kelahiran Yesus Kristus. Ketentuan UU Nomor 27 Tahun 2026 menyatakan pelaksanaan cuti bersama pemerintah tidak mengurangi hak cuti tahunan.